NKI Rayakan Hari Raya Idul Adha Di Sejumlah Wilayah di Situbondo

-

 

Masjid Jami' Al Karomah Asembagus 




Wisata Situbondo, Asembagus || Allohu Akbar, Allohu Akbar, Allohu Akbar
Laa ilaaha ilalloh huwalllohu Akbar
Allohu Akbar Walillah hilhamdu

" setiap tetes darah dari hewan kurban merupakan penghapus dari dosa-dosa orang yang berkurban. Dinaikkan derajatnya, dihapuskan keburukannya "

Gema takbir berkumandang sejak kemarin sore hingga hari ini, seluruh umat islam dipenjuru dunia sedang melaksanakan Hari Raya Idul Adha. Sebagian masyarakat muslim pun juga melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban. 



Masjid Jami' Al Karomah Asembagus, salah satu masjid besar di wilayah timur Situbondo pun melaksanakan kegiatan kurban. Selepas turun masjid para jamaan yang sedang melaksanakan solat eid, para panitia kurban pun bergegas untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.


Sapi kurban dan beberapa ekor kambing telah siap untuk dilakukan penyembelihan. Salah satu hewan kurban yang selalu rutin disumbangkan adalah dari keluarga besar Nasim Khan Indonesia (NKI). Keberadaan bang Nasim Khan sebagai legislator pusat selalu hadir ditengah kepentingan masyarakat terutama di wilayah Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. 




Beberapa hewan kurban telah dilaksanakan penyembelihan 


Sumbangan hewan kurban dari presiden NKI tak hanya di Asembagus saja, tetapi juga dibeberapa masjid dan pesantren. Sebagai bentuk perhatian dan keberpihakan kepada masyarakat, sekaligus wujud ritual ketaqwaan kepada Alloh SWT, hewan kurban secara rutin setiap tahun menjadi menu wajib.


Saat ini beliau tidak hadir di Asembagus karena sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah suci Mekkah, tetapi nilai-nilai sosial sebagai salah satu putra asli kelahiran Asembagus tetap menjadi porsi perhatian bagi daerahnya sendiri.


Habib Yahya bersama Takmir Masjid Jamik Al Karomah Asembagus 


Habib Yahya mengatakan, biasanya nanti jam-jam siang masyarakat sekitar masjid dan kaum duafa penerima kupon akan hadir di halaman masjid untuk menerima daging segar hewan kurban.


" Biasanya agak siang mas, masyarakat akan berbondong-bondong datang kesini. Mereka sudah siap dengan wadah sendiri, tetapi juga ada yang telah disiapkan oleh pihak takmir masjid, " ungkap Bib Yahya.


Koordinator NKI Situbondo, Ahmad Barisi pun membenarkan tentang kegiatan sosial keagamaan yang menjadi agenda rutin tahunan ini.


" Disetiap titik wilayah, di Kabupaten Situbondo tim NKI rutin ngedrop logistik hewan kurban untuk masyarakat, terutama di pos-pos masjid dan pesantren, " ujar Barisi




Semangat para panitia kurban 


Dengan komando Habib Yahya, nampak penuh semangat, panitia kurban yang keseluruhan adalah anggota takmir masjid Al Karomah Asembagus saling bahu-membahu menyelesaikan tugasnya masing-masing hingga acara selesai. 



Tim Medik Veteriner, Drh. Hanna Kristal dari Puskeswan Asembagus 


Dari pihak Dinas Peternakan Kabupaten Situbondo pun turut hadir tim verifikasi lapangan untuk melakukan kegiatan Sosialisasi Pemeriksaan Hewan Kurban, Drh. Hanna Kristal dari Puskeswan Asembagus, yang kebetulan tinggal di Kecamatan Asembagus.


 " Kedatangan kami bertugas untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatan hewan kurban, terutama setelah dilakukan proses penyembelihan hewan kurban. Untuk memastikan kondisi daging dan organ hewan dalam kondisi sehat dan tidak terkontaminasi penyakit hewan. Agar supaya masyarakat yang nantinya akan mengkonsumsi daging kurban lebih aman, " ungkap Drh. Hanna


Support by :











Post a Comment

Lebih baru Lebih lama